Mengapa Gusti Noeroel Menolak Lamaran Raja Yogya?

 Jagat News

Mengapa Gusti Noeroel Menolak Lamaran Raja Yogya?

Gusti Nurul. Foto: Koleksi Keluarga


TEMPO.CO, Jakarta: Kecantikan Gusti Raden Ayu Siti Noeroel Kamaril Ngarasati Koesoemawardhani alias Gusti Noeroel di masa mudanya terkenal menggetarkan hati banyak lelaki terhormat. Sukarno muda dan Sutan Sjahrir termasuk orang-orang tersohor yang berlomba-lomba ingin memikat hati Putri Solo, anak semata wayang K.G.P.A.A. Mangkunegoro VII yang berkuasa pada 1855-1944.  

Di usianya yang masih 20 tahunan–termasuk tua bagi perempuan Jawa di masa itu untuk menikah–Noeroel menolak pinangan Raja Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Ia malah memilih Kolonel Soerjo Soejarso, Komandan Pusat Kesenjataan Kavaleri TNI Angkatan Darat sebagai pasangan hidupnya. Mereka menikah dan meninggalkan keraton dan membangun keluarga sederhana dalam perantauan.

BACA JUGA
Sebentar Lagi, Orang Cukup Bercinta dengan Robot Seksi Ini?
Ely Sugigi, Awali Karier Jadi Pengumpul Penonton Acara TV

Apa yang membuat Gusti Noeroel menolak pinangan Raja Yogyakarta? Menurut Gusti Noeroel dalam bukunya Mengejar Kebahagiaan yang ditulis Ully P, karena prinsip kuatnya yang menolak poligami membuat banyak pria, termasuk Soekarno dan Sutan Syahrir hingga Panglima GPH Djatikusumo patah hati.  Sederhana saja alasannya. “Aku takut tak bisa tidur karena dimadu,” kata Noeroel kepada Sultan HB IX.

Dalam bukunya tersebut, Gusti Noeroel menuliskan sikapnya yang berkukuh menolak poligami meski usianya ketika itu sudah beranjak 20 tahun dan dia belum mendapat jodoh. Perempuan berusia 20 tahun pada masa itu dianggap tidak enteng jodoh jika belum juga menikah. “Tapi aku lebih percaya dengan hati nurani untuk mengatakan ‘tidak’ dan harus berani menolak,” kata Noeroel.

SIMAK PULA
STAN Kini Resmi Menjadi Politeknik Keuangan Negara
Pidato Bung Tomo, Dimulai Lagu Tiger Shark Lalu Allahu Akbar

Rasanya, tulis Noeroel, tidak adil bila dia mendesak Sultan menceraikan garwa ampil-nya, atau istri yang bukan permaisuri alias selir. “Bagaimanapun, mereka kaumku. Wanita mana yang mau diceraikan begitu saja karena suami akan menikah lagi dengan wanita lain. Aku tidak mau menyakiti wanita lain,” tulisnya.

Gusti Noeroel mengakui, memilih Soerjo Soejarso karena jatuh cinta. Ia menyebutkan deg-degan jika bertemu kolonel keturunan bangsawan ini. Pasangan itu akhirnya dikaruniai 7 anak (satu meninggal), 14 cucu, dan 4 buyut. Kepada anak-anaknya, terutama anak perempuan, Gusti Noeroel kerap berpesan agar mereka jangan pernah mau dimadu oleh pria manapun.

WDA | EVAN | PDAT

BERITA MENARIK
Gadis Ini Pergoki Makhluk Pink, Mungkinkah Alien? Lihat Nih
Siswa SMA Bikin Pidato Haru Tiga Pekan Sebelum Dijemput Ajal

Source link

Related Posts

Leave a Reply