Tips Biar Tidak Stress Berlebihan

 Kesehatan, Tips Sehat

stressBiar tidak stres berlebihan- apa ya tips nya? Ada yang tahu apa tidak? Baik lah kalau gitu mari kita ulas sama-sama saja. Stress merupakan gejala yang wajar yang dialami oleh setiap manusia. Setiap orang pasti mengalami hal seperti itu. Tinggal pengelolaan masing-masing saja yang membedakan tingkatan stress yang terjadi.

Lah bagaimana dampaknya. Apakah stres itu berdampak negatif? Oh belum tentu ternyata. Stres apabila mampu dengan baik kita kelola seuai kadar malah justru mampu membuat kita termotivasi untuk berkarya. Tatapi kalau berlebihan tentu itu berdampak sangat buruk pada perilaku dan kesehatan kita.

Nah, kami akan membagi sedikit Tips Biar tidak Stres Berlebihan untuk teman temen biar tidak stres berlebihan.

  1. Biar tidak stres berlebihan- Usahakan untuk tidak selalu mengandalkan diri sendiri. Kalau itu kerja tim atau dalam organisasi anda harus mampu menempatkan diri Anda pada posisi dan tanggung jawab yang sewajarnya saja. Jangan terlalu over menangani semuanya sendiri.
  2. Biar tidak stres berlebihan- Hindari yang namanya PD alias Percaya diri secara berlebihan.  Orang yang memiliki IPK rata rata tinggi dan memiliki otak yang encer dalam bidang akademik atau yang lainnya..akan cenderung lebih over dalam kepedeannya. Padahal itu bisa berbahaya kalau rasa Percaya diri yang dimilikinya tidak dikelola dengan baik. Mereka akan selalu optimis sukses dan selalu berhasil. Padahal kehidupan tidak sepenuhnya selalu seperti yang diharapkan, kadang juga mengalami kegagalan. Kalau pengelolaan over PD itu hanya menjadikan dia tak bisa menerima kenyataan itu malah membuat gelombang stres yang sangat besar.
  3. Biar tidak stres berlebihan- Buatlah sasaran yang realistis. Memang kita boleh memikirkan target yang diluar nalar dan kemampuan real kita. Namun, untuk mengatasi segala macam permasalahan kita buat sasaran yang realitstis yang mampu membuat kita mencapai sasaran itu dengan adanya kemampuan dan fasilitas yang ada pada diri kita.
  4. Biar tidak stres berlebihan- Terimalah apabila sasaran yang ada inginkan itu tidak bisa anda capai. Tahapan pertama memang anda boleh menyesali dan boleh mempermasalahakannya tapi Anda harus mempu menetralisirnya dengan segera. Harus Anda bisa terima dengan lapang dada apa yang sudah Anda lakukan untuk mencapainya tetapi masih gagal. Dan tetap yang terpenting untuk keluar dari permasalahan yang tidak bisa anda capai tersebut Anda harus melakukan sesuatu untuk mencapai yang lain, atau mencapainya kembali.
  5. Biar tidak stres berlebihan- Hentikan membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Hal yang paling mendasar ini lah yang menjadi faktor yang besar mengapa kadang orang itu merasakan stres yang luar biasa.  Dia membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Padahal sudah jelas Tuhan menciptakan manusia itu dengan keunikannya sendiri-sendiri. Kelebihan dan kekurangannya juga tidak akan sama satu sama lainnya. Maka Stop membandingkan dengan orang lain.
  6. Biar tidak stres berlebihan- Sekalipun sulit, mulailah mensyukuri apa yang sudah diberikan oleh Tuhan kepada kita.dan yang jelas pasti ada misteri dibalik apa yang sudah terjadi pada kita.  Ada misteri dibalik kegagalan kita dan banyak sekali rencana Tuhan yang kita sendiri takkan mampu memikirkannya.
  7. Biar stres tidak berlebihan- sisihkan waktu untuk keluarga dan untuk refresing bersama sanak saudara. Apabila memang baru mengalami masalah keuangan sisihkan waktu sejenak untuk pergi berolahraga atau ketempat tempat yang bisa membuat hati ini senang dengan tidak mengeluarkan uang yang begitu banyak.

Itu tips biar tidak stres berlebihan untuk Anda. Pada dasarnya lumrah manusia itu mengalami stres pada dirinya. Tinggal usaha pengelolaan stres yang terjadiitu sendiri sehingga manusia itu bisa menjadi yang orang yang bijak dalam bertindak.

(Ark)

Author: 

Menulis adalah salah satu hobi yang membuat saya tetap bersemangat menjalani aktivitas sehari-hari.

Related Posts